Keuntungan PPC Untuk Memaksimalkan Paid Marketing!

Keuntungan PPC

Keuntungan PPC – Apakah kamu sudah mengerti apa itu PPC? Model iklan Pay per Click (PPC) sering digunakan oleh perusahaan besar di era digital ini. 

Melalui strategi iklan ini, bisnis bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk meningkatkan eksposur mereka di dunia online. 

Banyak perusahaan di Indonesia telah berhasil meningkatkan penjualan mereka dengan menggunakan iklan PPC di platform pencarian seperti Google.

Apakah kamu tertarik untuk mendapatkan keuntungan serupa? Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami secara mendalam tentang PPC dan bagaimana cara kerjanya. 

Yuk Bacalah artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang PPC dan menjadi lebih akrab dengan strategi iklan ini.

Apa Itu PPC (Pay-per-Click)?

Pay-per-click atau PPC adalah salah satu cara iklan digital di mana kamu membayar hanya ketika seseorang mengklik iklan.

Ini adalah bagian dari strategi pemasaran digital yang populer. Dalam metode ini, iklan bisnis ditampilkan di platform online, dan kamu hanya dikenakan biaya setiap kali seseorang mengklik iklan tersebut.

Banyak bisnis menggunakan PPC untuk meningkatkan kunjungan ke situs web mereka dan meningkatkan penjualan. 

Platform PPC, seperti mesin pencari dan media sosial, dapat membantumu menargetkan iklan kepada audiens yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Baca Juga : Apa Itu Brand Value? Contoh dan Manfaatnya!

Jenis Jenis PPC

Berikut adalah beberapa jenis PPC sebelum kamu mengetahui keuntungan PPC yang perlu dipertimbangkan sesuai dengan strategi pemasaran yang telah kamu tentukan:

Search Advertising

Jenis iklan PPC ini muncul di mesin pencarian seperti Google. Ketika pengguna mencari kata kunci tertentu, iklan akan tampil di bagian atas hasil pencarian dengan label ‘Ad’ di sampingnya. Ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar di dalam dan luar negeri.

Display Advertising

Melalui Google Display Network, jenis PPC ini menampilkan iklan dalam bentuk visual seperti gambar atau video. Kamu dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan produk di platform seperti YouTube.

Social Advertising

Iklan PPC ini muncul di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn. 

Setiap platform memiliki sistem periklanan sendiri. Misalnya, Facebook Ads mengelola iklan di Facebook dan Instagram, sementara LinkedIn Ads digunakan untuk beriklan di LinkedIn.

Google Shopping

Jika kamu pernah melihat tab ‘Shopping’ di hasil pencarian Google, itu adalah fitur dari Google Shopping. 

Iklan dalam tab ini berasal dari berbagai situs e-commerce dan menampilkan nama produk, foto, dan harga di hasil pencarian.

Re-marketing

Jenis PPC ini bertujuan untuk menargetkan pengunjung sebelumnya yang sudah mengunjungi situs web kamu atau berinteraksi dengan iklan.

Ini efektif karena audiensnya sudah menunjukkan minat sebelumnya. Selain itu, PPC juga dapat digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan dan kesadaran merek.

Jika kamu tertarik untuk mencoba PPC setelah membaca ini, ingatlah untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat menentukan strategi dan konten iklan yang tepat. Riset pasar mungkin tidak mudah, tetapi itu merupakan langkah penting untuk memahami minat dan kebutuhan audiens.

Bagaimana Cara Kerja Pay Per Click?

Sebelum kamu mengetahui keuntungan PPC dan memulai menggunakan strategi PPC, penting untuk memahami cara kerjanya. Cara kerja PPC bergantung pada platform iklan yang kamu gunakan. 

Misalnya, jika kamu menggunakan iklan di mesin pencari, iklan kamu akan muncul ketika orang mencari kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan.

Langkah pertama adalah melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dengan bisnis. 

Ini akan meningkatkan kemungkinan iklan kamu muncul di hasil pencarian. Ketika orang melihat iklan dan tertarik, mereka akan mengkliknya. 

Kamu hanya membayar ketika iklan kamu diklik, dan biayanya bergantung pada jumlah klik yang kamu terima. 

Penting untuk diingat bahwa satu orang dapat mengklik iklan beberapa kali, yang meningkatkan potensi keuntungan PPC.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat dengan Creative Digital Agency

Keuntungan PPC

Banyaknya opsi pemasaran online bisa bikin kepala pusing. Tapi, sekarang mari kita lihat kenapa memilih PPC bisa jadi pilihan bijak untuk mempromosikan produk secara online.

Berikut keuntungan PPC yang dapat kamu ketahui : 

Target yang Pas Sasaran

PPC memungkinkanmu menentukan target audiens secara spesifik. Ini berarti, iklan bisa sampai tepat ke audiens yang kamu inginkan, potensial meningkatkan jumlah pembeli.

Contohnya, kalau produknya fashion wanita, kamu bisa pasang iklannya ke mereka yang memang tertarik dengan fashion. Bahkan, bisa juga disesuaikan dengan lokasi mereka.

Selain itu, kamu juga bisa atur berapa banyak orang yang ingin kamu tampilkan iklan. Mulai dari 10 ribu, 20 ribu, hingga 50 ribu orang. Semakin luas jangkauannya, semakin besar biayanya.

Hasil Cepat

Salah satu keunggulan PPC adalah hasil yang langsung terlihat. Kamu nggak perlu menunggu lama buat lihat efek dari iklan yang dipasang.

Beda halnya dengan SEO yang membutuhkan waktu lebih lama. Kalau kamu punya promo atau campaign mendekati waktu tertentu, PPC bisa jadi pilihan yang tepat.

Sesuaikan dengan Budget

Biaya iklan sering jadi pertimbangan utama. Pasang iklan bisa makan duit banyak, tapi dengan PPC, bisa lebih hemat.

Karena biaya iklan cuma dibayar kalau ada yang klik. Fitur pengaturan budget juga bisa membantumu memaksimalkan anggaran. Jangan lupa juga untuk pantau performa PPC agar hasilnya lebih maksimal.

Tak Terpengaruh Algoritma

PPC memungkinkan kamu tetap tampil tanpa harus khawatir dengan pembaruan algoritma yang sering dilakukan oleh platform seperti Google atau Facebook. Algoritma baru bisa bikin konten tenggelam, tapi PPC aman.

Dengan begitu, konten promosi kamu tetap sampai ke audiens yang diincar tanpa terpengaruh perubahan algoritma.

Peluang Klik yang Besar

Salah satu alasan kenapa PPC efektif adalah karena sebagian besar pengguna enggak bisa membedakan mana konten PPC dan mana yang organik. Jadi, kesempatan iklan mendapatkan klik sangat besar.

Baca Juga : Search Ads : Pengertian, Kelebihan, dan Tips-nya

Langkah-langkah Membuat Iklan Pay Per Click (PPC)

Sekarang, setelah memahami manfaatnya, saatnya kamu memulai langkah-langkah untuk memasang iklan PPC. Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai digital marketing services ini.

Google Ads

Google tetap menjadi search engine terkemuka, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Sebagian besar pengguna search engine di Indonesia, sekitar 97%, menggunakan Google untuk mencari informasi. Sisanya menggunakan layanan seperti Yahoo dan Bing.

Dominasi Google dalam pasar search engine menunjukkan bahwa platform ini sangat cocok untuk memasarkan produk. Google Ads menyediakan dua jenis PPC, yaitu search ads dan display ads.

Membuat iklan melalui Google Ads sangatlah mudah. Kamu hanya perlu membuat akun Google dan Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords). Pembayaran iklan dapat dilakukan melalui berbagai metode pembayaran.

Facebook Ads

Salah satu digital marketing services yang sangat powerful adalah Facebook Ads. Menurut statistik dari Internetworldstats, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta per Maret 2021. Untuk menampilkan iklan di Facebook, langkah awalnya adalah membuat halaman Facebook terlebih dahulu.

Instagram Ads

Menurut laporan dari Napoleon Cat, terdapat 91,01 juta penduduk Indonesia yang aktif menggunakan Instagram. Kamu bisa membuat Instagram Ads melalui Facebook Ads Manager dan menampilkannya baik di feed maupun stories.

Menggunakan iklan PPC adalah cara cepat untuk memperluas bisnis. Jangan ragu untuk memanfaatkan layanan pemasaran digital seperti pay per click. Butuh bantuan untuk memasarkan produk Anda secara online? Hubungi tim kami di Sekarlite! Kami siap membantu kamu. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!