Destination Branding, Pengertian dan Manfaatnya!

Destination Branding

Ketika seseorang menyebutkan suatu tempat, kita biasanya langsung bisa membayangkan suasana dan kondisinya. 

Destination branding sebenarnya adalah pengembangan dari konsep city branding, yang fokus pada mempromosikan suatu lokasi atau tujuan tertentu sesuai dengan karakteristiknya sendiri. 

Setiap tempat memiliki keunikan tersendiri, jadi ide dasar dari branding ini adalah menciptakan citra yang positif, membangun kepercayaan, dan memberikan layanan terbaik kepada para wisatawan. 

Untuk mewujudkannya, diperlukan kerjasama antara berbagai pihak, mulai dari pengelola hingga masyarakat setempat.

Apa Itu Destination Branding?

Dilansir oleh Think Digital, Destination branding adalah proses pengembangan dan promosi suatu lokasi atau tujuan wisata dengan tujuan untuk menciptakan citra positif, membangun kepercayaan, dan meningkatkan daya tarik bagi wisatawan. 

Konsep ini mirip dengan city branding, tetapi lebih terfokus pada promosi suatu daerah atau lokasi tertentu, baik itu kota, negara bagian, atau destinasi wisata lainnya. 

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian wisatawan, membedakan destinasi dari yang lain, dan memperkuat identitas serta reputasi daerah tersebut di mata publik. 

Destination branding melibatkan berbagai strategi pemasaran, promosi, dan upaya kolaboratif antara pemerintah, industri pariwisata, dan pemangku kepentingan lainnya untuk membangun kesan yang positif dan menarik bagi para pengunjung.

Strategi Destination Branding

Strategi branding untuk destinasi wisata, menurut Hermawan Kertajaya dari Markplus Tourism, melibatkan tiga langkah dasar yang penting. Ini adalah:

Positioning

Positioning mencakup pesan atau citra yang ingin disampaikan kepada masyarakat atau calon wisatawan. 

Penting bagi pengelola destinasi wisata untuk menentukan nilai unggulan mereka agar lebih menarik dibandingkan dengan destinasi lainnya. Sebagai contoh, Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura dengan budaya religius yang kuat.

Differentiation

Tanpa pemosisian yang jelas, sulit untuk mencapai diferensiasi. Diferensiasi dalam destinasi wisata dapat terlihat melalui atraksi, aksesibilitas, dan fasilitas yang ditawarkan. 

Meskipun atraksi mungkin mirip dengan destinasi lain, amenitas yang berbeda bisa menjadi pembeda.

Branding

Branding melibatkan cara destinasi wisata mengelola citra dan reputasi mereka dengan memenuhi ekspektasi wisatawan. Ini berarti mempertahankan kepercayaan wisatawan dengan memenuhi janji yang diberikan.

Mengapa Destination Branding Penting untuk Bisnis Pariwisata

Indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya yang melimpah. Namun, meskipun banyak daerah memiliki potensi pariwisata yang menarik, 

Indonesia masih sering diidentikkan hanya dengan beberapa tempat terkenal seperti Bali, Raja Ampat, dan Yogyakarta. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa daerah lain kurang dikenal seperti halnya Bali atau Bandung.

Salah satu jawabannya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang potensi pariwisata di daerah-daerah tersebut, terutama dalam hal keunikan dan daya tariknya. 

Contohnya, kesuksesan Yogyakarta dengan Malioboronya menunjukkan betapa pentingnya kecocokan antara berbagai komponen destinasi, seperti kuliner, tempat belanja, dan fasilitas lainnya, yang ditunjang oleh keberadaan media sosial.

Begitu pula dengan Malang, yang sebelumnya dikenal dengan kampung warna-warninya. Perubahan citra dari kampung yang terkesan kumuh menjadi tempat yang bersih, cerah, dan penuh warna berhasil menarik minat wisatawan. 

Membangun dan memperkuat keunikan destinasi melalui berbagai saluran komunikasi dapat membantu membangun citra positif dari suatu destinasi pariwisata.

Tanpa upaya untuk mengenalkan keunikan tersebut, destinasi seperti Malang mungkin tidak akan mendapat perhatian yang sama dari wisatawan. 

Oleh karena itu, melakukan branding destinasi adalah langkah penting bagi bisnis pariwisata untuk meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisatawan.

Baca Juga : Keuntungan PPC Untuk Memaksimalkan Paid Marketing!

Manfaat Destination Branding

Destination branding merupakan suatu konsep yang penting bagi industri pariwisata Indonesia. Dengan melakukan branding ini, kita menyadari bahwa kesadaran masyarakat terhadap suatu destinasi sangat dipengaruhi oleh citra yang dibangun. 

Tak hanya membuat destinasi lebih dikenal, tapi branding juga memberikan manfaat lain yang tak kalah penting.

Mengungkap Keunikan Destinasi

Ketika kita membandingkan dua destinasi seperti Bandung dan Batu yang mungkin secara geografis mirip, namun memiliki karakteristik yang berbeda. 

Bandung terkenal dengan alamnya, sementara Batu menonjolkan keindahan bunga dan wahana. 

Melalui branding yang tepat, meskipun memiliki ciri khas yang sama, kita bisa menonjolkan perbedaan tersebut. Ini akan membuat minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi tersebut lebih besar.

Membentuk Citra yang Kuat

Semakin baik citra sebuah destinasi dalam benak wisatawan, semakin baik pula kesan yang mereka dapatkan. 

Jika ditunjang dengan pelayanan yang sesuai, pengalaman berwisata akan meninggalkan kesan yang mendalam. 

Sebagai contoh, Yogyakarta berhasil menciptakan citra destinasi yang cocok bagi anak muda dengan beragam hiburan, tempat belanja, kuliner, dan harga yang sesuai. 

Hal ini memperkuat pemahaman bahwa Yogyakarta adalah tempat yang cocok bagi anak muda.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Pengalaman positif selalu membuat orang ingin kembali. Begitu juga dengan kunjungan ke suatu destinasi wisata. 

Jika pengalaman pertama menyenangkan, kemungkinan besar wisatawan akan kembali berkunjung jika ada kesempatan.

Meningkatkan Daya Tarik Destinasi

Melalui promosi yang terus-menerus, menggunakan media sosial atau influencer, testimonial, dan fasilitas yang memadai, destinasi akan semakin menarik. 

Semakin banyak informasi yang tersedia, semakin besar juga minat orang untuk mengunjungi destinasi tersebut. 

Meskipun sektor pariwisata terdampak berat oleh pandemi, namun upaya branding destinasi memberikan harapan untuk pemulihan kembali.

Baca Juga : Masih Bingung Tugas Admin Social Media? Kenali Disini!

Inilah gambaran tentang langkah-langkah dalam membangun identitas destinasi yang bisa kamu terapkan. Mau mempromosikan produk kamu secara online? Segera hubungi tim Sekarlite! Kami siap memberikan bantuan. Klik di sini!